Resensi Buku Bahasa Indonesia
1.
Perwajahan
a.
Judul :
Bahasa Indonesia
b.
Penulis :
Wahono
Abdul hanif
c.
Penerbit : Pusat Perbukuan Kementerian
Pendidikan Nasional
d.
Ketebalan : 264
2.
Isi
Semester 1
Unit 1
a.
Menyimpulkan isi dialog interaktif
b.
Mengomentari pendapat narasumber dalam
dialog interaktif
c.
Mengkritik/memuji berbagai karya
seni/produk
d.
Menemukan tema, latar, penokohan, pada
cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
e.
Menemukan tema dan pesan syair
Unit 2
a.
Melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa
b.
Menulis
iklan baris
c.
Menganalisis
nilai-nilai kehidupan pada cerpen
d.
Menganalisis
unsur-unsur syair
Unit 3
a.
Menemukan
informasi melalui kegiatn membaca memindai indeks buku
b.
Meresensi
buku
c.
Menceritakan
kembali isi cerpen
d.
Menulis
kembali cerpen yang pernah dibaca
Unit 4
a.
Membedakan
fakta dan opini dalam teks iklan
b.
Menyunting
Karangan
c.
Menulis
cerita pendek berdasarkan peristiwa yang pernah dialami
d.
Musikalisasi
Puisi
Semester 2
Unit 1
a.
Menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/khotbah
b.
Memberi
komentar isi pidato/ceramah/khotbah
c.
Menulis
teks pidato/ceramah/khotbah
d.
Mengidentifikasi
kebiasaan,adat, etika dalam novel angkatan 20-30
e.
Membandingkan
karakteristik novel angkatan 20-30
Unit
2
a.
Berpidato/Berceramah/Berkhotbah
b.
Menemukan
gagasan utama artikel dan buku melalui membanca ekstensif
c.
Menulis
karya ilmiah sederhana
d.
Menerangkan
sifat-sifat/ karakter tokoh dalam kutipan novel
e.
Menjelaskan
alur peristiwa synopsis novel
Unit
3
a.
Membaca
cepat 300 kata per menit
b.
Menulis
surat pembaca
c.
Menulis
naskah drama berdasarkan cerpen yang telah dibaca
d.
Menulis
naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
Unit
4
a.
Mengubah
sajiah grafik, table, atau bagan ke dalam uraian
b.
Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
c.
Membahas
pementasan drama
d.
Menilai
Pementasan drama
3.
Kelebihan
1.
Materi sangat lengkap
2.
Penjelasan singkat, padat dan jelas
3.
Gambar berwarna sangat jelas
4.
Tata letak sangat rapih
5.
Penulisan menggunakan bahasa yang mudah
dimengerti
4.
Imbauan
Buku
ini sangat bagus digunakan para pelajar SMP/MTs kelas IX. Selain materi-materi
yang sangat lengkap buku ini juga disajikan dengan gambar berwarna yang sangat
jelas, tata letak yang sangat rapih dan penulisannya mengguakan bahasa yang
mudah dimengerti oleh para pelajar.
Resensi
Disajikan dalam buku ini, strategi
pembelajaran yang memuat langkah-langkah dan proses pembelajaran yang cukup
konkret bagi siswa serta pemodelan pembelajaran bagi guru dengan mengacu pada
pendekatan kontekstual. Tidak kalah pentingnya dalam buku ini disajikan pula
macam rubrik penilaian untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi setiap aspek.
Buku ini berisi tentang berbagai
hal yang berkaitan dengan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX. Berikut
ini ada isi buku Bahasa Indonesia Semester I
Unit pertama berisi tentang
menyimpulkan isi dialog interaktif, mengomentari pendapat narasumber dalam
dialog interaktif, mengkritik/memuji berbagai karya seni/produk, menemukan
tema, latar dan penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
dan menemukan tema dan pesan syair. (Hal. 2-33)
Unit kedua
berisi tentang melaporkan secara lisan berbagai peristiwa, menulis iklan baris,
menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen dan menganalisis unsur-unsur
syair. (Hal 40-64)
Unit Ketiga
berisi tentang menemukan informasi melalui kegiatn membaca memindai indeks
buku, meresensi buku, menceritakan kembali isi cerpen dan menulis kembali
cerpen yang pernah dibaca. (Hal. 70-90)
Unit Keempat
membedakan fakta dan opini dalam teks iklan, menyunting Karangan, menulis
cerita pendek berdasarkan peristiwa yang pernah dialami dan musikalisasi Puisi.
(Hal. 98-118)
Berikut ini ada
isi buku Bahasa Indonesia Semester II
Unit Pertama
berisi tentang menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah, memberi komentar isi
pidato/ceramah/khotbah, menulis teks pidato/ceramah/khotbah, mengidentifikasi
kebiasaan,adat, etika dalam novel angkatan 20-30 dan membandingkan
karakteristik novel angkatan 20-30. (Hal. 124-153)
Unit Kedua
berisi tentang berpidato/Berceramah/Berkhotbah, menemukan gagasan utama artikel
dan buku melalui membanca ekstensif, menulis karya ilmiah sederhana , menerangkan
sifat-sifat/ karakter tokoh dalam kutipan novel dan menjelaskan alur peristiwa
synopsis novel. (Hal. 164-196)
Unit Ketiga
berisi tentang membaca cepat 300 kata per menit, menulis surat pembaca, menulis
naskah drama berdasarkan cerpen yang telah dibaca dan menulis naskah drama
berdasarkan peristiwa nyata. (Hal 202-225)
Unit
Keempatberisi tentang mengubah sajiah grafik, table, atau bagan ke dalam
uraian, menerapkan prinsip-prinsip diskusi, membahas pementasan drama dan
menilai Pementasan drama. (Hal 232-248)
0 komentar:
Posting Komentar